Minggu, 09 September 2012

alat-alat gelas

No.
Nama
Kegunaaan
1.
Pipet Tetes





Digunakan untuk mengambil bahan berbentuk larutan dalam jumlah yang kecil
2.
Gelas Ukur



Digunakan untuk mengukur volume zat kimia dalam bentuk cair. Alat ini mempunyai skala, tersedia bermacam-macam ukuran. Tidak boleh digunakan untuk mengukur larutan/pelarut dalam kondisi panas. Perhatikan meniscus pada saat pembacaan skala.
3.
Tabung Reaksi



Terbuat dari gelas. Dapat dipanaskan. Digunakan untuk mereaksikan zat zat kimia
4.


Buret

Terbuat dari gelas. Mempunyai skala dank ran. Digunakan untuk melakukan titrasi. Zat yang digunakan untuk menitrasi (titran) ditempatkan dalam buret, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit melalui kran. Volume dari zat yang dipakai dapat dilihat pada skala.
5
Pipet Gondok


Pipet ini berbentuk seperti dibawah ini. Digunkan untuk mengambil larutan dengan volume tepat sesuai dengan label yang tertera pada bagian yang menggelembung (gondok) pada bagian tengah pipet. Gunakan propipet atau pipet pump untuk menyedot larutan.
6.
Corong


Biasanya terbuat dari gelas namun ada juga yang terbuat dari plastic. Digunakan untuk menolong pada saat memasukkan cairan ke dalam suatu wadah dengan mulut sempit, seperti : botol, labu ukur, buret dan sebagainya.
7.
Cawan Petri

Digunakan untuk membiakan sel,cawan petri selalu berpasangan yang ukurannya agak kecil sebagai wadah dan yang lebih besar sebagai tutupnya
8.
Corong Pemisah




Corong pemisah atau corong pisah adalah peralatan laboratorium yang digunakan dalam ekstraksi cair-cair untuk memisahkan komponen-komponen dalam suatu campuran antara dua fase pelarut dengan densitas berbeda yang tak campur.
9.

Batang Pengaduk


terbuat dari bahan kaca tahan panas, berfungsi untuk mengaduk campuran kimia
10
Gelas beker


Alat ini bukan alat pengukur (walaupun terdapat skala, namun ralatnya cukup besar). Digunakan untuk tempat larutan dan dapat juga untuk memanaskan larutan kimia. Untuk menguapkan solven/pelarut atau untuk memekatkan.
11
Erlenmeyer


Alat ini bukan alat pengukur, walaupun terdapat skala pada alat gelas tersebut (ralat cukup besar). Digunakan untuk tempat zat yang akan dititrasi. Kadang-kadang boleh juga digunakan untuk memanaskan larutan.
12
Kaca Arloji


terbuat dari kaca bening, terdiri dari berbagai ukuran diameter.
Fungsi :
1. Sebagai penutup gelas kimia saat memanaskan sampel
2. Tempat saat menimbang bahan kimia
3. Tempat untuk mengeringkan padatan dalam desikator
13.
Erlenmeyer buncher


berupa gelas yang diameternya semakin ke atas semakin mengecil, ada lubang kecil yang dapat dihubungkan dengan selang ke pompa vakum. Terbuat dari kaca tebal yang dapat menahan tekanan sampai 5 atm. Ukurannya mulai dari 100 mL hingga 2 L. Dipakai untuk menampung cairan hasil filtrasi.
14
Pipet Ukur


Adalah alat yang terbuat dari gelas. pipet ini memiliki skala. digunakan untuk mengambil larutan dengan larutan tertentu. gunakan bulp atau pipet pump untuk menyedot larutan. 
15

Bunsen Spiritus



Memanaskan dan menghasilkan api
16
Botol Reagen


Untuk menyimpan bahan kimia cair
17
Desikator

-Tempat menyimpan sampel yang harus bebas air
- Mengeringkan padatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar